Membeli rumah sebelum lounching sering kali dilakukan oleh beberapa orang. Menurut mereka, dengan cara ini mereka akan mendapat beragam keuntungan. Dari mulai potongan harga, hadiah menarik, sampai beragam keuntungan yang akan didapat lainnya. Akan tetapi, sebelum proses pembelian Anda lakukan, Anda wajib tahu dulu apa saja resiko membeli rumah pra lounching.

Pasalnya, tidak sedikit orang yang tertipu oleh janji manis developer. Memang tidak semua developer melakukan hal demikian, namun sebagai konsumen, Anda tentu dituntut bijak dalam mengambil keputusan. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan Anda dari resiko penipuan, pemerasan, maupun hal merugikan lainnya.

membeli rumah sebelum launching

Nah, agar Anda terhindarkan dari kerugian tersebut, berikut ini kami berikan tips cerdas membeli rumah sebelum lounching yang bisa Anda terapkan:

  1. Telusuri track record dari pengembang terkait. Cari tahu, apakah mereka pernah membuat perumahan sebelumnya? Jika pernah, apakah prosesnya lancar,atau macet ditengah jalan? Hal ini dilakukan untuk memastikan pengembang tersebut bisa dipercaya dan profesional atau tidak.
  2. Cari tahu proses rumah dan lokasi yang akan Anda beli. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengamati perkembangan pembangunan perumahan serupa di sekitar wilayah tersebut.
  3.  Agar Anda tinggal dengan nyaman, pastikan rumah yang akan Anda beli itu nyaman, bebas banjir, bebas macet, dan memiliki akses yang sangat mudah.
  4. Agar terhindari dari penipuan, dalam membeli rumah sebelum lounching Anda wajib meminta pengembang untuk mencantumkan semua janji pada perumahan secara tertulis. Baik itu jumlah angsuran, pemberian hadiah, sampai denda untuk developer jika terlambat menyelesaikan rumah.
  5. Simpan baik-baik dokumen berupa akad jual beli rumah yang sah. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen terkait janji developer akan fasilitas yang akan Anda dapat. Agar jika ada pelanggaran dalam hal tersebut, Anda bisa ajukan dokumen-dokumen tersebut sebagai barang bukti.

Nah, itulah tadi tips membeli rumah sebelum lounching. Ingat, setiap developer akan memberikan janji manisnya pada Anda. Maka dari itu, agar tidak terjebak dengan janji-janji tersebut,

Anda bisa gunakan tips dan trik diatas sebagai tameng. Kendati tidak semua developer begitu, namun untuk jaga-jaga, hal ini perlu untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *