downloadPada proyek jalan khususnya jenis perkerasan beton, biasanya kita melihat material penghubung seperti pada gambar ini :

nrcs142p2_026130

Penghubung seperti gambar ini dinamakan dowel.

Dowel adalah material penghubung antara 2 (dua) komponen struktur. Dowel berupa batang baja polos maupun profil, yang digunakan sebagai sarana penyambung / pengikat pada perkerasan jalan tipe rigid pavement.

Adapun yang dimaksud Rigid Pavement atau perkerasan kaku adalah suatu konstuksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar pondasi atau langsung diatas dasar subgrade.

Secara singkat, jenis sambungan pada Rigid Pavement terdiri dari :
Sambungan Susut, dibuat untuk mengalihkan tegangan tarik akibat suhu, kelembaban, gesekan sehingga akan mencegah retak. Jika sambungan susut tidak dipasang, maka akan terjadi retak acak pada permukaan beton.
Sambungan muai, fungsi utamanya untuk menyiapkan ruang muai pada perkerasan, sehingga mencegah terjadinya tegangan tekan yang akan menyebabkan perkerasan tertekuk.
CARDER6Sambungan konstruksi (pelaksanaan), diperlukan untuk kebutuhan konstruksi (berhenti dan mulai pengecoran). Jarak antar sambungan memanjang disesuaikan dengan lebar alat atau mesin penghampar (paving machine) dan oleh tebal perkerasan.
Sambungan engsel, diperlukan pada perkerasan dengan pelat perkerasan cukup lebar (>7 m). Sambungan ini berupa sambungan kearah memanjang yang berfungsi sebagai panahan gaya lenting (warping).

Untuk fungsi dari dowel adalah sebagai berikut :

Dowel_bars11Sebagai penyalur beban pada sambungan yang dipasang dengan separuh panjang terikat dan separuh panjang dilumasi atau dicat untuk memberi kebebasan bergeser.
Untuk menguatkan konstruksi badan jalan.
Untuk menghambat retakan yang terjadi di salah satu segmen agar tidak menjalar atau menerobos ke segmen selanjutnya.

Baca juga :   Foto Rumah Minimalis Type 36/60 dan 36/72: 1 Lantai dan 2 Lantai

Batang dowel secara manual dimasukkan ke dalam sendi konstruksi (construction joint) pada tahap akhir pekerjaan. Sendi konstruksi (construction joint) harus direncanakan sedemikian rupa untuk dapat mengurangi sendi tambahan.

Agar dapat mencegah korosi, batang dowel yang baik dilapisi dengan stainless steel atau epoxy. batang dowel biasanya dimasukkan pada pertengahan slab mendalam dan dilapisi dengan zat yang mencegah dowel ini melekat ke PCC (pre-stressed cement concrete).

One Response to Dowel Pada Konstruksi Jalan
  1. Selamat siang, mau tanya penggunaan dowel pada pekerjaan jalan apakah berlaku juga untuk pekerjaan jalan yang menggunakan wiremesh M8 dengan ketebalan cor 20 cm, atau tidak di perlukan lagi wiremesh m8 karena pondasi jalan sudah ada di konstruksi yang lama, jarak stop cor apakah di sesuaikan panjang wiremesh M8, terima kasih sebelumnya.


[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *